MEMBACA SURAT AL-KAHFI DI HARI JUM'AT



Oleh : Al-Faqiir Rizqi Mujahid

Disunnahkan dihari jum'at membaca surat Al-kahfi, dan ini merupakan pendapat jumhur ulama, diantaranya terdapat dalam Madzhab Imam Abu Hanifah, Imam Syafi'i, dan Imam Ahmad bin Hanbal, dan Ibnul Haj    yang merupakan ulama dalam madzhab Maliki. Dan juga merupakan pilihan dari ulama Kontemporer Syaikh Bin Baz dan Syaikh Al-Utsaimin Rahimahumullah. 
Syaikh Al-Utsaimin Berkata
قراءة سورة الكهف يومَ الجمعة عملٌ مندوب إليه، وفيه فضل، ولا فَرق في ذلك بين أن يقرأها الإنسان من المصحف أو عن ظَهْر قلب، واليوم الشرعي من طلوع الفجر إلى غروب الشمس، وعلى هذا فإذا قرأها الإنسان بعد صلاة الجُمعة أدرك الأجر
Membaca surat Al-Kahfi dihari jum'at merupakan Amal yang disunnahkan atasnya, dan didalamnya terdapat keutamaan, dan tidak ada perbedaan bagi seseorang yang membacanya dari mushaf atau dari hafalannya, dan hari yang disyaratkan itu dari sejak waktu fajr sampai terbenamnya matahari, maka apabila seseorang membacanya setelah jum'at maka ia mendapatkan pahala (Majmu' Fatawa WA Rasail Al-Utsaimin : 16/143) 

Syaikh Bin Baz Rahimahumullah juga berkata
جاء في قراءة سورة الكهف يومَ الجُمعة أحاديثُ لا تخلو من ضَعْف، لكن ذكر بعضُ أهل العلم أنه يشدُّ بعضها بعضًا، وتصلح للاحتجاج، وثبَت عن أبي سعيد الخدريِّ رضي الله عنه أنه كان يَفعل ذلك، فالعمل بذلك حسنٌ؛ تأسيًا بالصحابي الجليل رضي الله عنه، وعملًا بالأحاديث المشار إليها؛ لأنه يشدُّ بعضها بعضًا، ويُؤيِّدها عمل الصحابي المذكور، أمَّا قراءتها في ليلة الجمعة، فلا أعلم له دليلًا، وبذلك يتَّضح أنه لا يُشرَع ذلك
Telah datang hadits-hadits mengenai Membaca Surat Al-Kahfi pada hari jum'at yang tidak luput dari kedhoifan, akan tetapi telah berkata beberapa ulama bahwasannya hadits-hadits tersebut saling menguatkan diantara satu dengan yang lainnya, dan benarnya untuk dijadikan hujjah, dan telah terbukti dari Sahabat Abi Sa'id Al-Khudriy Radhiallahu anhu mengerjakan hal tersebut, dan mencontoh kepada Sahabat yang Agung, dan beramal dari hadits-hadits yang telah ada atasnya, karena saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya, dan juga dikuatkan dengan amalan Sahabat yang disebutkan, adapun membacanya pada hari malam jum'at saya tidak mendapati dalil, oleh karena itu tidak disyariatkan. (majmu'm'at Fatawa Bin Baz : 12/415) 
Dan Beliau Rahimahumullah juga melanjutkan
في ذلك أحاديثُ مرفوعةٌ يشدُّ بعضها بعضًا، تدلُّ على شرعية قراءة سورة الكهف في يوم الجمعة. وقد ثبَت ذلك عن أبي سعيد الخدريِّ رضي الله عنه موقوفًا عليه، ومثل هذا لا يُعمل من جِهة الرأي، بل يدلُّ على أنَّ لديه فيه سُنَّةً
Tentang hal itu (Membaca Surat Al-Kahfi), terdapat hadits yang marfu' saling menguatkan satu dengan yang lainnya, yang menunjukan disyariatkan nya membaca surat Al-Kahfi pada hari jum'at. dan telah ada dalam riwayat Abi Sa'id Al-Khudriy secara Mauquf atasnya. Dan contoh ini, tidaklah diamalkan dari sekedar pendapat, bahkan hal ini menunjukkan bahwa ini merupakan sunnah (Majmu' Fatawa Bin Baz : 12/415) 

Dengan dalil dari hadits yang shohih
عن أبي سَعيدٍ الخُدريِّ عنِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: ((مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتينِ)
Dari Abi Said Al-Khudriy dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam bahwasanya beliau bersabda : Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat, maka ia akan disinari diantara dua jum'at
(H.R Al-Hakim no 2392 dalam mustadroknya, dan beliau berkata "Shohihul Isnad",  Al-Baihaqi no 5996 dalam Sunan Al-Kubro, AD-Darimi dalam sunan nya : 3450, Ibnu Katsir berkata dalam Irsyadul Faqih : 1/199 : Marfu' (yang disandarkan kepada Rasulullah), dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam  Irwaa’ul Ghaliil no 626 dan Shahiihul Jaami’ush Shaghiir no 6470, dan berkata Syaikh Al-Utsaimin dalam Syarhul Mumti' : 5/91) 

Wallahu A'lam Bishowab

Komentar

Postingan Populer