Penyesalan Arrazi dalam belajar ilmu kalam
Fakhrur Razi rohimahulloh (wafat th. 606 H)
Beliau adalah Abu Abdullah Muhammad bin Umar Fakhrud din Ar-Razi, penyusun kitab tafsir Mafatihul Ghaib. Beliau berkata dalam kitab Aqsamul ladzzat
نِهَايَةُ إِقْدَامِ الْعُقُوْلِ عِقَالُ
وَغَايَةُ سَعْيِ الْعَالَمِيْنَ ضَلاَلُ
وَأَرْوَاحُنَا فِي وَحْشَةٍ مِنْ جُسُوْمِنَا
وَحَاصِلُ دُنْيَانَا أَذَي وَوَبَالُ
وَلَمْ نَسْتَفِدْ مِنْ بَحْثِنَا طُوْلَ عُمْرِنَا
سِوَي أَنْ جَمَعْنَا فِيْهِ : قِيْلَ وَ قَالُوْا
لَقَدْ تَأَمَّلْتُ الطُّرُقَ الْكَلاَمِيَّةَ وَ الْمَنَاهِجَ الْفَلْسَفِيَّةَ, فَمَا رَأَيْتُهَا تَشْفِي عَلِيْلاً, وَلاَ تُرْوِي غَلِيْلاً,
وَ رَأَيْتُ أَقْرَبَ الطُّرُقِ طَرِيْقَةَ الْقُرْآنِ, أَقْرَأُ فِيْ الْإِثْبَاتِ :
(الرَّحْمَنُ عَلَى اْلعَرْشِ اسْتَوَى)
(إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ)
وَأَقْرَأُ فِيْ النَّفْيِ: (لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىْءٌ) (وَلاَ يُحِيطُونَ بِهِ عِلْمًا)
وَمَنْ جَرَّبَ مِثْلَ تَجْرِبَتِي عَرَفَ مِثْلَ مَعْرِفَتِي
Akhir mendahulukan akal adalah keruwetan
Kebanyakan usaha manusia adalah kesesatan
Ruh-ruh kami di dalam kedukaan terhadap jasad kami
Akibat dunia kami adalah penderitaan dan kebinasaan
Kami tidak mendapatkan faedah dari pembahasan kami sepanjang umur kami
Kecuali apa yang telah kami kumpulkan berupa “katanya” dan “mereka telah berkata”
Sesungguhnya aku telah memikirkan metode-metode ilmu kalam (mantik, logika), dan kaedah-kaedah filsafat, maka aku tidaklah melihatnya akan menyembuhkan orang yang sakit dan tidak melegakan orang yang dahaga.
Dan aku telah melihat metode yang paling praktis adalah metode Al-Qur’an. Aku membaca di dalam penetapan (sifat Allah):
(الرَّحْمَنُ عَلَى اْلعَرْشِ اسْتَوَى)
(Yaitu) Yang Maha Pemurah, yang bersemayam di atas ‘Arsy. (QS. Thoha/20: 5)
(إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ)
Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. (QS. Fathir/35: 10)
Dan aku membaca di dalam peniadaan (sifat Allah):
(لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىْءٌ)
Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia. (QS. Asy-Syura/42: 11)
(وَلاَ يُحِيطُونَ بِهِ عِلْمًا)
Sedangkan ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya. (QS. Thoha/20: 110)
Barangsiapa telah memiliki pengalaman sebagaimana pengalamanku, niscaya dia mengetahui seperti pengetahuanku”.
Komentar
Posting Komentar